KULIAH TAMU PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN TAHUN AKADEMIK SEMESTER GENAP 2021/2022

Dengan tema “Market Driven Strategy: Memahami Pasar dan Konsumen Pasca Pandemic”

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Sabtu, tanggal 13 Agustus 2022 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu TA Genap 2021/2022. Kegiatan ini Dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom ini yaitu https://bit.ly/KULIAHTAMUMM. Kegiatan ini merupakan program semesteran Prodi program studi Magister Manajemen yang diberikan bagi seluruh mahasiswa Magister Manajemen. Kegiatan Kuliah Tamu ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan Pendidikan dan Pengajaran tentang mengambil tema Market Driven Strategy: Memahami Pasar dan Konsumen Pasca Pandemic. Peserta yang mengikuti acara Kegiatan Kuliah Tamu ini yaitu terdiri dari mahasiswa magister manajemen semester I, II, III dan dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang strategi pemasaran yang berfokus pada peluang memasuki pasar di era pasca pandemic.

Narasumber dalam Kegiatan Kuliah Tamu ini mendatangkan narasumber yaitu Dr. Ir. Sri Hartono MM, CMA, CHRA yang merupakan dosen di Universitas Mercubuana dan juga sekaligus sebagai CEO PT Catur Pilar Jaya dan CEO PT BMS Group, trainer dan konsultan manajemen serta mengajar di Pasca Sarjana SB-IPB, UMB dan UNPAK. Beliau berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional seperti PT Meiji Indonesia, PT Sandoz Indonesia, PT Casana Prima, PT SLH Prima dan PT GlaxoSmithKline Indonesia. Kegiatan yang diikuti oleh semua mahasiswa program studi Magister Manajemen dan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK. Penyelenggaraan Kuliah Tamu bagi Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK dibuka oleh Dekan FEB yaitu Ibu Dr. Kertati Sumekar., SE., MM. sedangkan untuk moderator acara ini adalah Kaprodi Magister Manajemen yaitu Dr. H. Mochamad Edris, Drs., MM.  Kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Market Driven Strategy: Memahami Pasar dan Konsumen Pasca Pandemic” tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK untuk dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam berwirausaha yang disertai dengan kemampuan manajemen pemasaran yang baik.

Dr. Ir. Sri Hartono MM, CMA, CHRA menyatakan bahwa ada dampak yang diberikan pasca pandemic terhadap perilaku konsumen, Daya Beli Konsumen, Sistem Distribusi, Variasi Produk, Akses Kepada Informasi dan Isu Harga, sehingga diperlukan enam langkah praktis untuk mempertahankan pelanggan yaitu ubah pola pikir, dengarkan pelanggan, ikuti jalan pikiran mereka, buat koneksi, rekomendasi anda sebagai solusi yang sesuai dan lampaui harapan di atas dan di luar perkiraan. Pertama, ubah pola pikir dapat dilakukan dengan fokus pada pelanggan, ciptakan nilai dan inovasi itu kebutuhan. Kedua, dengarkan pelanggan dengan menjadi pendengar yang baik, penolakan itu merupakan peluang dan ingat pelanggan itu unik. Ketiga ikuti jalan mereka dengan ikuti saja, perbaiki yang sudah ada dan lebih fleksibel. Keempat buat koneksi dengan memanfaatkan semua akses, kreatif saja tidak cukup, pastikan kamu terhubung dan jangan malas. Kelima, rekomendasi anda sebagai solusi yang sesuai melalui jadilah ahlinya, kuasai product knowledge, dan penuhi harapan pelanggan. Terakhir, lampaui harapan di atas dan di luar perkiraan dengan memberikan yang terbaik, jadilah yang pertama dan jangan pelit.

Dokumentasi Kegiatan

Gambar 1.1 Daftar Peserta Kuliah Tamu 2022