Kuliah Eksekutif dengan tema “Manajemen Agribisnis Pangan di Indonesia”

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Kamis, tanggal 1 April 2021 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Eksekutif  TA 2021/2022. Kuliah Eksekutif ini dilaksanakan secara Hybrid yaitu luring (di Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Muria Kudus) dan daring (melalui Zoom Meeting).  Dikarenakan masih dalam kondisi pandemic covid-19, maka peserta yang hadir di Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Muria Kudus dibatasi dengan jumlah peserta terbatas yaitu maksimal 50 mahasiswa dan disiarkan secara langsung juga melalui zoom meeting bagi siapapun yang ingin bergabung mengikuti kuliah eksekutif ini. Adapun link join aplikasi zoom ini yaitu bit.ly/kuliaheksekutifmm. Mahasiswa yang diwajibkan mengikuti acara Kuliah Eksekutif ini yaitu terdiri dari mahasiswa magister manajemen semester I , II dan III. Untuk mahasiswa yang diundang hadir secara langsung secara offline di kampus adalah mahasiswa semester 1. Sementara itu mahasiswa dan masyarakat umum yang mengikuti kuliah eksekutif secara online diminta untuk menggunakan virtual background.

 

Kuliah Eksekutif ini merupakan gabungan antara kuliah tamu dan kuliah umum yang dilaksanakan oleh Program Studi Magister Manajemen bekerja sama dengan Universitas Muria Kudus. Kuliah Eksekutif ini adalah salah satu bentuk upaya dari dunia pendidikan untuk melakukan penerapan ilmu pengetahuan dalam upayanya meningkatkan kualitas individual dan kelembagaan. Kuliah Eksekutif ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. Kuliah Eksekutif ini sendiri ditujukan untuk para mahasiswa magister manajemen agar dapat memperoleh wawasan serta pengetahuan dari para praktisi yang ahli di bidangnya. Kegiatan Kuliah Eksekutif yang diadakan oleh Program Studi Magister Manajemen mengusung tema “Manajemen Agribisnis Pangan di Indonesia”. Diadakannya Kuliah Eksekutif ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada mahasiswa tentang bagaimana pengelolaan manajemen agribisnis untuk meningkatkan kondisi perekonomian suatu negara.

 

Melihat pentingnya peran manajemen agribisnis dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia maka dalam kuliah eksekutif ini dihadirkan pakar dalam bidang ini yakni mantan wakil Menteri Pertanian tahun 2010-2011 dan wakil Menteri perdagangan tahun 2011-2014 yakni Bapak Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi., MS sebagai pemateri utama. Selain itu dihadirkan pula dari akademisi yang kompeten dalam hal ini yaitu Prof. Dr. Ir. Darsono., M.Si yang juga rektor Universitas Muria Kudus sebagai pemateri kedua dalam acara kuliah eksekutif ini.