KEGIATAN ORIENTASI MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN TAHUN AKADEMIK SEMESTER GASAL 2022/2023

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Jumat, tanggal 9 November 2022 pada jam 14.45 – 18.00 WIB telah melaksanakan kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru yang diadakan secara daring melalui zoom meeting. Adapun link join aplikasi zoom ini yaitu https://bit.ly/ORIENTASIMABAMM. Mahasiswa yang mengikuti acara Orientasi Mahasiswa Baru yaitu mahasiswa baru semester I Tahun akademik semester gasal 2022/2023 yang baru diterima masuk di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus sebanyak 62 mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru dipaparkan oleh pemateri pertama yakni Dr. Sulistyowati., S.H., M., selaku Wakil Rektor I bidang akademik yang memperkenalkan tentang peraturan akademik di tingkat Universitas. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua oleh Dekan FEB yaitu Dr. Kertati Sumekar., SE., MM. yang menjelaskan tentang struktur organisasi dan fasilitas serta sarana prasarana yang ada di level fakultas. Selanjutnya pemeteri ketiga disampaikan oleh Kaprodi Magister Manajemen yaitu Dr. H. Mochamad Edris, Drs., MM. yang menyampaikan tentang tata Kelola dan kurikulum di tingkat program studi Magister Manajemen. Materi tambahan tentang cara menggunakan sistem e-learning sunan dan portal serta cara submit artikel pada jurnal juga disampaikan oleh pemateri keempat yaitu oleh sekretaris program studi magister manajemen yaitu Faridhatun Faidah., SE., MM.

Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Magister Manajemen merupakan momentum bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan belajar baru yang tentunya berbeda dengan sistem pembelajaran sewaktu pada jenjang Sarjana (S1). Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kampus Magister Manajemen FEB UMK Tahun Akademik 2020/2021 secara daring mengacu kepada Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. Kegiatan ini bersifat wajib bagi setiap mahasiswa baru sebagai bekal mereka dalam mengikuti sistem dan proses kegiatan akademik dan non akademik di Magister Manajemen FEB UMK. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan momentum bagi mahasiswa baru untuk mengidentifikasi bibit – bibit kemampuan dan bakat yang dimiliki sebagai sarana peningkatan dan pengembangan prestasi kemahasiswaan di lingkungan Magister Manajemen FEB UMK. Oleh karena itu, materi yang diberikan juga seputar suasana dan sistem akademik di jenjang strata dua program studi Magister Manajemen. Hal ini diharapakan agar mahasiswa dapat mengetahui perkiraan minat dan bakat yang mereka miliki untuk dapat dikembangkan di dalam proses pembelajaran selama menempuh program strata dua di Magister Manajemen ini.

Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kehidupan kampus terhadap mahasiswa baru sehingga dapat memiliki kesiapan yang matang baik secara mental, pikiran dan kepribadian untuk mengikuti setiap kegiatan yang akan dihadapi khususnya selama menempuh pendidikan di kampus Magister Manajemen FEB UMK. Lebih lanjut, kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman bagi mahasiswa baru tentang lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami dan dapat menerapkan sistem dan mekanisme yang berlaku Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. Selain itu mahasiswa juga diperkenalkan struktur keorganisasian dan kurikulum pendidikan di jenjang Magister Manajamen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. Mahasiswa baru dalam kegiatan ini diberikan wawasan dalam penggunaan sarana akademik yang ada di lingkungan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus dengan maksimal dan sesuai prosedur. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan membentuk kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik sebagai mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus.

 

Dokumentasi Kegiatan