KEGIATAN KULIAH UMUM PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN TAHUN AKADEMIK SEMESTER GENAP 2021/2022

Dengan tema “Future of Marketing and Human Resources: Metaverse Perspectives

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Sabtu, 17 September 2022 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Umum Tahun Akademik Genap 2021/2022. Kuliah Umum diadakan secara daring melalui zoom meeting. Adapun media pendukung lainnya yang digunakan dalam Kegiatan Kuliah Umum ini adalah Google Form dan instagram. Adapun link join aplikasi zoom ini yaitu https://bit.ly/kuliahumummmumk . Mahasiswa yang mengikuti acara Kegiatan Kuliah Umum ini yaitu terdiri dari mahasiswa magister manajemen semester I, II, III dan dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan Kuliah Umum merupakan salah satu bentuk dari tridarma perguruan tinggi dari program studi Magister Manajemen yakni di bidang Pendidikan dan Pengajaran. Tema Metaverse dipilih karena sedang hangat diperbincangkan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perkembangan era digitalisasi saat ini. Metaverse juga bermanfaat untuk merintis bisnis atau berinvestasi sehingga kegiatan Kuliah Umum ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa, dosen maupun civitas akademika d ilingkungan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis tentang Metaverse yang dapat digunakan sebagai strategi Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Pemasaran.

Kegiatan Kuliah Umum ini mengambil tema dengan tema “Future of Marketing and Human Resources : Metaverse Perspectives” yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan Pendidikan dan Pengajaran tentang Metaverse sebagai Strategi Pengeloaan Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Pemasaran. Kegiatan Kuliah Umum ini akan dilakukan secara daring dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. yang merupakan Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dari Universitas IPB Beliau adalah Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dari Universitas IPB dan Presiden AACIM (Asian Association of Consumer Interest and Marketing). Penyelenggaraan Kuliah Umum bagi Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK dibuka oleh Dekan FEB yaitu Dr. Kertati Sumekar., SE., MM. sedangkan untuk moderator acara ini adalah Kaprodi Magister Manajemen yaitu Dr. H. Mochamad Edris, Drs., MM. 

Metaverse menurut Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. adalah jaringan dunia realitas virtual 3D tempat pengguna di lokasi fisik yang jauh dan dapat digunakan untuk berinteraksi secara real time untuk bekerja atau bermain. Metaverse adalah gabungan dari beberapa unsur teknologi yang terdiri dari virtual reality, augmented reality dan video. Di dunia metaverse, kita dapat melakukan kegiatan yang sama dengan dunia nyata seperti hidup, berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain, berdagang dan bekerja. Kita juga dapat menciptakan atau membangun fasilitas umum dalam bentuk virtual. Metaverse memberikan implikasi penting pada dunia bisnis yaitu dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

Dokumentasi Kegiatan