KULIAH PERDANA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN TAHUN AKADEMIK SEMESTER GENAP 2021/2022

Dengan tema “Penelitian Analisis Kualitatif untuk Ekonomi dan Bisnis”

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Jumat, tanggal 4 Maret 2022 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Perdana Tahun akademik 2021/2022 secara virtual melalui Zoom Metting dengan link bit.ly/KULIAHPERDANAMMGENAP21 22.

Kegiatan Kuliah Perdana merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan oleh program studi magister manajemen pada setiap semesternya dalam menyambut mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan. Kuliah Perdana pada tahun ajaran 2021/2022 kali ini mengusung tema “Penelitian Analisis Kualitatif untuk Ekonomi dan Bisnis” Pelatihan ini diadakan untuk memperkenalkan mahasiswa tentang pendekatan penelitian kualitatif yang belum banyak dikenal dan dipilih karena selama ini hanya fokus pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif seperti startistik, ekonometri dan lainnya.

Pelaksanaan Kuliah Perdana ini mendatangkan seorang narasumber yaitu Prof. Dr. Anis Chariri., SE., Akt., Ph.D. yang merupakan Dosen dari Universitas Diponegoro dengan dimoderatori oleh Bapak Ashari, SE., M.Si., Akt., CA., CPA. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh mahasiswa baru magister manajemen semester I, II, III, IV dengan Jumlah 126 mahasiswa dan Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus.

Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan mahasiswa tentang pendekatan penelitian kualitatif yang belum banyak dikenal dan dipilih karena selama ini hanya fokus pada penelitian dengan pendekatan kuantitatif seperti statistik, ekonometri dan lainnya. Padahal sebenarnya ada kelemahan dari penelitian kuantitatif, yaitu hanya memperlihatkan angka dan menunjukkan perilaku tetapi untuk suasananya tidak terdeteksi, padahal itu penting untuk bisa melihat suasana. Selain itu, latar belakang juga tidak kalah penting dalam sebuah penelitian dan hal ini mulai dilupakan. Maka dari itu, kegiatan kuliah perdana ini ingin mengenalkan kepada mahasiswa bahwa ada pendekatan lain selain pendekatan kuantitatif dimana hasil dari pendekatan kualitatif itu tidak kalah powerfull dari pendekatan kuantitatif.

Tema “Penelitian Analisis Kualitatif Untuk Ekonomi Dan Bisnis” yang diberikan kepada Mahasiswa dan dosen merupakan sebuah bentuk motivasi dan dorongan agar muncul keinginan dari mahasiswa, dosen maupun civitas akademika di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis memproposalkan atau menyusun penelitian kualitatif. Hasil penelitian kualitatif adalah deskripsi serta analisis tentang kegiatan, dan juga peristiwa-peristiwa penting yang akan memiliki nilai yang lebih tinggi dari penelitian kuantitatif  serta lebih bersifat mendalam dan juga rinci.

Prof. Dr. Anis Chariri., SE., Akt., Ph.D. menyatakan bahwa dalam memulai riset kualitatif seorang peniliti harus menentukan terlebih dahulu apa yang mau diteliti berdasarkan point of view atau keyakinan peneliti dan dilanjutkan dengan memilih genre atau tujuan dari penelitian dilakukan. Sementara itu untuk proses pengumpulan dan analisis data pada penelitian kualitatif dimulai dengan membuat desain riset kualitatif dan membuat pertanyaan riset, mengumpulkan teori serta memilih dan menentukan jumlah informan yang dibutuhkan untuk dapat memberikan informasi. Data kualitatif itu sendiri dapat berupa Interviews, Focus groups, Catatan harian, Dokumen, Observasi, Media visual/audio, Website dan Media Sosial. Konsep analisis data kualitatif itu sendiri adalah merupakan proses membuat data memiliki makna sehingga dapat dituangkan dalam pembahasan temuan penelitian. Di dalam riset kualitatif, tidak ada pendekatan tunggal dalam analisis data, kuncinya sangat tergantung pada research question, jenis data dan pendekatan riset.

Dokumentasi Kegiatan

Gambar 1.1 Sesi Acara Kuliah Perdana Daring