KULIAH EKSEKUTIF

 

 

 

KUDUS - Program Studi Magister Manajemen Universitas Muria Kudus kembali menyelanggakan kuliah eksekutif yang bertajuk “Manajemen Agribisnis Pangan di Indonesia”. Pembicara pada Kuliah Eksekutif ini adalah Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, M.S, Ketua Penasehat Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia Ketua Asosiasi Agribisnis Indonesia , Dosen Agribisnis - Institut Pertanian Bogor.  Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Kamis (01/04) di Auditorium Universitas Muria Kudus. Mahasiswa program Magister Manajemen FEB UMK semester 2 dan 3 diwajibkan ikut serta.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Ir Darsono, M.Si, selaku Rektor Universitas Muria Kudus dan dihadiri oleh pejabat struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK , dosen Magister Manjemen  beserta  60 mahasiswa.

Dr. Dra. Sulistyowati, S.H.C.N selaku moderator pada acara ini menyampaikan bahwa acara seminar ini  juga merupakan acara memenuhi janji silaturahmi kepada sahabat, kunjungan ke Kudus menjadi pembuka mata betapa banyak yang belum diketahui tentang tanah air sendiri.

Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, M.S,  selaku pembicara pada acara ini menyampaikan materi tentang “Manajemen Agribisnis Pangan di Indonesia”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi kita sekarang dimana kondisi indonesia memburuk akibat pandemi, namun pemulihan ekonomi yang lebih cepat di beberapa wilayah daripada estimasi awal mendorong dilakukannya revisi ke atas. Sebelum Covid hingga saat ini Petani merasakan keterbatasan lahan, masalah lingkungan, lalu petani menghadapi perkembangan teknologi yang tidak di mengertinya. Petani menghadapi perubahan - perubahan besar, tetapi tidak mengertinya perubahan pola perminatan. Saat ini kondisi petani di Indonesia Rata - rata Usia Petani 60,8 % diatas 45 tahun, pendidikan petani 72,6 % berpendidikan SD, Pendapatan Petani rata - rata 1 juta per bulan.